Selasa, 29 September 2009

Magnetic Tape / Pita Kaset
Magnetic tape merupakan media penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk komputer jenis mini ataupun mainframe. Terdapat dua jenis magnetic tape yang biasanya digunakan oleh komputer. Jenis pertama mempunyai bentuk standart yang memiliki lebar pita 1/2 " (12.7 mm). Magnetic tape terbuat dari plastik tipis yang dilapisi magnetic pada permukaannya.


href="http://1.bp.blogspot.com/_oteobSuAHpU/SsHnNCXt7PI/AAAAAAAAACQ/vFgtSEb5Gzg/s1600-h/2-3ae.jpg">

Bentuk kedua adalah kaset ataupun catridge seperti halnya yang telah kita kenal pada kaset yang terdapat di audio tape recorder. Data yang ada disini juga disimpan dalam bentuk kode-kode tertentu seperti halnya yang terdapat dalam pita magnetic ukuran standart. Kaset ataupun catridge banyak digunakan pada komputer jenis home-komputer.



Untuk bisa bekerja, pita magnetic ini harus diletakkan didalam tape drive yang kira-kira bisa disamakan dengan proyektor. Tape akan bergerak terus selama proses penulisan ataupun pembacaan berlangsung dengan melewati read/write head.



Data yang ada akan direkam dalam guratan mangentic. Sekali data tersebut terekam, maka data akan tetap tinggal sampai data tersebut terhapus atau diganti dengan data baru. Secara umum, tape akan menyimpan. Data yang terdapat pada magnetic tape, akan terbagi secara horizontal yang disebut channel atau tracks, dan secara vertical didalam bentuk kolom ataupun frames. Secara umum, tape mempunyai 9-tracks dan data akan dikode-kan dalam ASCII ataupun EBCDIC .



Disamping 9-tracks data, magnetic tape juga ada yang merekam datanya dalam bentuk 7-tracks, dimana track paling atas digunakan sebagai pairity chek, yang berguna bagi komputer untuk melihat apakah tejadi kesalahan dalam hal penyimpanan, perpindahan ataupun saat peng-copy-an data pada setiap characternya.



Pada saat drive dari magnetic tape berputar, maka data-data yang ada akan dibaca satu demi satu. Dalam hal ini, tape membutuhkan adanya suatu tanda untuk mulai dan berhenti pada suatu record data. Pada saat berhenti, dan ketika akan melakukan pembacaan lagi, ada beberapa bagian dari tape yang tidak terbaca, dan bagian ini disebut: inter-record gap yang terjadi diantara setiap block data. Inter-record gap secara otomatis akan terbentuk oleh system komputer setelah selesai merekam karakter yang terakhir.



Ukuran record dalam hal in ditentukan oleh jumlah data yang tersimpan. Beberapa record yang tergabung dalam satu kesatuan disebut sebagai logical record. Beberapa logical record akan tersimpan dalam sebuah phisical record.



Walaupun media magnetic tape memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibanding dengan media lainnya, tetapi media magnetic tape biasanya hanya digunakan sebagai media "back-up" dan bukan sebagai media penyimpan data yang utama. Penyebabnya adalah, media magnetic tape hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan membaca data secara sequential atau berurutan. Dengan demikian, untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan data, jauh lebih lambat jika dibanding dengan penulisan/pembacaan data secara random (acak).

Cakram Magnetik
menggunakan partikel-partikel magnet untuk menyimpan data, perintah, dan informasi pada permukaan suatu cakram. Tiga jenis cakram magnetik :
Hard Disk, adalah suatu alat penyimpanan yang mengandung satu atau lebih plat lingkaran yang keras dan dapat menyimpan data, perintah, dan informasi. Karakteristik dari suatu hard disk termasuk kapasitas, plat, head baca/tulis, silinder, sektor dan jalur, putaran per menit, kecepatan transfer, dan waktu akses. Jenis hard disk adalah Hard Disk Mini dan Hard Disk Portabel (hard disk eksternal dan hard disk removable). 3 jenis antarmuka hard disk untuk penggunaan di PC adalah SATA, EIDE, dan SCSI. Floppy Disk, juga disebut disket adalah media penyimpanan murah yang portabel, terdiri atas suatu lapisan film mylar plastik yang fleksibel, tipis, dan berbentuk lingkaran dengan penutup magnetik yang tertutup dalam suatu kerangka plastik berbentuk persegi. Floppy disk drive adalah suatu alat yang membaca dan menulis data pada floppy disk. Zip Disk, adalah sejenis media magnetik portabel yang dapat menyimpan data 100MB - 750MB. Zip drive adalah suatu disk drive berkapasitas tinggi yang dapat membaca dari dan menulis ke dalam Zip disk.

Flashrom
Pada media ini hanya bisa dilihat namun tidak bisa diisikan oleh pengguna. Data diisikan oleh pabrik pembuatnya. Informasi/data/program yang tertulis pada ROM (isi ROM) bersifat permanen dan tidak mudah hilang dan tidak mudah berubah walaupun komputer ‘dimatikan’ atau dalam keadaan mati (off). Sedangkan pada RAM, semua isinya (baik berupa data, program atau informasi) akan hilang dengan sendirinya jika komputer ‘dimatikan’ (dalam keadaan off). ROM dapat menyimpan data tanpa membutuhkan daya. Itulah sebabnya data dalam ROM tidak akan hilang walaupun komputer mati.

CD-ROM adalah sejenis cakram data yang dapat dibaca tetapi tidak bisa ditulisi atau dihapus isinya dan dapat menyimpan data sebanyak 650MB, drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan cd baik cd-rom, cd-audio,cd mp3, vcd, cd-picture, dsb. baik cd berukuran normal 12cm atau cd mini yang berukuran 8cm.
DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD.
DVD-R is a DVD recordable format. A DVD-R type has a storage capaciti of 4.71 GB (or 4.38 GiB), although the capacity of the original standard developed by Pioneer was 3.95 GB (3.68 GiB). Both values are significantly larger than the storage capacity of its optical predecessor, the 700 MB CD-R – a DVD-R has 6.4 times the capacity of a CD-R. Pioneer has also developed an 8.54 GB dual layer version, DVD-R DL, which appeared on the market in 2005.
Data on a DVD-R cannot be changed, whereas a DVD-RW (DVD-rewritable) can be rewritten multiple (1000+) times. DVD-R(W) is one of three competing industry standard DVD recordable formats; the others are DVD+R(W) and DVD-RAM.
DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB.

Cakram Blu-ray (Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.blue ray lebih pendek dari panjang gelombang laser memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak informasi pada 12 cm CD / DVD ukuran disk. Minimum "spot size" di mana sebuah laser dapat terfokus dibatasi oleh difraksi, dan bergantung pada panjang gelombang dari cahaya dan kecepatan rana numerik dari lensa yang digunakan untuk fokus itu. Dengan penurunan panjang gelombang, meningkatkan kecepatan rana numerik 0,60-0,85 dan membuat penutup lapisan tipis agar terhindar dari efek optik yang tidak diinginkan, laser dapat difokuskan ke tempat yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan lebih banyak informasi yang akan disimpan di daerah yang sama.
Cakram Blu-ray dua lapis berkapasitas 50 GB dapat menampung video definisi tinggi (HD) berdurasi 9 jam atau video definisi standar (SD) berdurasi 23 jam. Secara rata-rata, sebuah cakram Blu-ray satu lapis dapat menampung video MPEG-2 definisi tinggi berdurasi 135 menit dengan bonus 2 jam dalam kualitas definisi standar. Versi dua lapis dapat menampung video definisi tinggi berdurasi 3 jam dengan bonus dalam kualitas standar berdurasi 9 jam.

Ukuran fisik Kapasitas satu lapis Kapasitas dua lapis
12 cm, satu sisi 25 GB (23.3 GiB) 50 GB (46.6 GiB)
8 cm, satu sisi 7.8 GB (7.3 GiB) 15.6 GB (14.6 GiB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar